Info Posting :

Senin, 23 September 2013

Dasar Pedoman Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 sesungguhnya sebagai revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah digunakan sejak tahun 2006. Kurikulum  KTSP sebenarnya sudah bagus karena sudah menjadi demokratisasi kurikulum. Kurikulum harusnya memiliki lingkup nasional dan itu telah dimiliki oleh kurikulum KTSP. Kedua kurikulum ini sebenarnya sama-sama berbasis kompetensi, artinya secara paradigma Kurikulum 2013 tidaklah berbeda dengan kurikulum sebelumnya, perbedaannya terletak pada level implementasinya. 
Dan menjadi dasar perubahan kurikulum adalah perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Terkait kurikulum 2013 konsepnya masih kurikulum berbasis kompetensi, sehingga kurikulum 2013 harusnya berkaitan secara berkesinambungan antara SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
Bagi sahabat guru yang ingin mengunduh Permendikbud tentang kurikulum terbaru 2013 silahkan diunduh disini lengkap semuanya.  Jangan lupa isi komentarnya sahabat guru. Sedangkan KI-KD Kurikulum 2013 merupakan salah satu perbedaan dengan  kurikulum sebelumnya, KTSP.
Draft Pedoman Kurikulum 2013 dapat diunduh di sini.

Artikel yang berhubungan :


1 comments :

Unknown mengatakan...

Mohon ijin unduh Permennya, pak. Saya baru kali ini menjumpai unduhan permen Kur. 2013 lengkap. Terima kasih Sukses selalu.

Posting Komentar

MULTI TAB 1

MULTI TAB 3

MULTI TAB 4

MULTI TAB 5




MULTI TAB 9

Link Info

MULTI TAB 10

Daftar Blog Saya

MULTI TAB 11